..:: SELAMAT DATANG ::..

Assalaamu'alaikum wr.wb


Selamat datang saya ucapkan bagi teman-teman yang telah sudi mampir untuk mengunjungi blogku yang sangat amat sederhana ini, Mari kita jadikan blog sebagai sarana penyebaran ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua. Kebenaran dan kesempurnaan datang dari-Nya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila tulisan atau artikel tidak berkenan dihati para pembaca, sekali lagi saya ucapkan mohon maaf & terima kasih pada teman-teman yang sudah menyempatkan berkunjung, membaca, dan mengomentari Blogku yg sederhana ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat...................... amin ya robbal alamin


Wassalamualaikum wr.wb

Sabtu, 05 September 2009

Memaknai arti "Sukses"

MEMBACA iklan di media massa, baik cetak maupun televisi, temanya hampir seragam. Judulnya bombastis “Cara cepat menjadi sukses”, “0 langkah menuju tangga sukses”, “Jurus kilat menjadi pengusaha Sukses”, dan masih banyak lagi. Judul-judul yang meneror pikiran kita untuk melakukan sebuah budaya instan.
Setiap orang pasti punya harapan, gambaran, angan, dan makna sebuah kesuksesan. Mungkin ada yang beranggapan kesuksesan bagaikan dalam iklan : apartemen mewah, punya hak privilege, mobil mewah, dan jadi anggota klub-klub eksekutif.
Seorang petani mungkin punya persepsi yang berbeda. Sukses adalah punya sawah sendiri yang luas, punya tanah luas, panen selalu melimpah, dan bisa menyekolahkan anak sampai ke jenjang perguruan tinggi. Atau mungkin seorang artis memimpikan sukses, karena bisa menjual album di atas 1 juta kopi dan bisa masuk nominasi penghargaan musik.
Lalu apa sebenarnya makna sukses? Kalau saja kekayaaan tidak pernah bisa membahagiakan pemiliknya, apa artinya sukses. Kalau setelah di puncak popularitas justru mengakrabi narkoba, apa artinya sukses. Jika dalam keluarga sudah tidak ada komunikasi yang menyejukkan, apa itu sukses?
Sudah seharusnya sejak dini, anak-anak harus ditanamkan makna sukses yang sebenarnya.
Bukan hanya sukses yang bersifat materi dan duniawi, tapi kita tanamkan bahwa sukses adalah saat kita bisa berbagi bersama masyarakat, bisa menjadi bagian dari sebuah keluarga yang baik, bisa beribadah dan semakin dekat dengan Tuhan, dan makna-makna lain yang hanya dapat dirasakan oleh kalbu kita.
Menurut penulis kesuksesan bukanlah tujuan. Kesuksesan adalah proses, tak instan. Tengoklah film “The Last Samurai”, Di situ digambarkan, etos kerja keras, kedisiplinan, para samurai menjunjung tinggi harga diri.
Jadi, makna sukses yang sebenarnya adalah dalam kekayaan atau dalam keterbatasan yang kita miliki, kita masih bisa berbagi dan menolong orang lain, baik itu keluarga, masyarakat, dan negara.

Tidak ada komentar: